Tujuan program training k3 untuk pekerja

TUJUAN DIADAKANNYA TRAINING KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)

Jika berbicara mengenai training K3, beberapa dari anda mungkin masih bertanya-tanya, pelatihan itu seperti apa? K3 merupakan kepanjangan dari Keselatan dan Kesehatan tenaga kerja. Program ini memang sengaja dibuat dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan penanggung jawab K3 agar lebih berperan aktif dan efektif. Tidak hanya itu, tujuan lain juga untuk menjamin semua pihak agar lebih mengetahui secara lebih mendalam terkait resiko di tempat kerja, operasi tempat kerja, upaya jika terjadi kecelakaan dan penyakit, dan pencegahan kecelakaan.

Tujuan umum dan khusus diadakan training K3

Adapun tujuan umum diadakannya training ini adalah untuk memberi dan meningkatkan pengertian kepada peserta terkait pengalaman, pengetahuan, keterampilan fisik dan non fisik keselamatan dan kesehatan kerja. Untuk tujuan khususnya yaitu menyadarkan semua orang terhadap potensi bahaya yang bisa saja dijumpai di tempat kerja ataupun kemungkinan timbulnya penyakit yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja tersebut.

Dengan demikian, maka pribadi yang tetap dan selalu waspada terhadap bahaya yang terjadi di tempat kerja akan terbentuk. Tidak hanya itu, peserta juga akan lebih mengerti bagaimana pencegahan yang harus dilakukan di tempat kerja tersebut.

Program training K3 seperti ini biasanya dilakukan oleh berbagai perusahaan. Tujuannya seperti yang disebutkan di atas. Saat ini, training ini bahkan semakin diwajibkan oleh perusahaan kepada para pekerjanya. Mengapa? selain karena keselamatan dan kesehatan tenaga kerja sendiri, perusahaan juga memerlukan orang-orang yang berkompeten dalam menerapkan K3 tersebut. Para peserta nantinya akan siap baik secara fisik maupun psikis dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi kedepan, terlebih dalam perusahaan pasti ada pekerja yang kurang berhati-hati atau teledor. Dengan adanya pelatihan tersebut, maka peserta akan lebih siap.

Itulah beberapa hal terkait tujuan diadakannya training K3 yang biasanya diadakan oleh setiap perusahaan. Tempat pelaksanaan training biasanya di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tujuannya adalah untuk membentuk mental peserta sehingga bisa lebih percaya diri. Lebih dari itu, pemahaman terkait K3 juga lebih didapatkan sehingga benar dalam penerapannya.

Share this post

No comments

Add yours