Mencuci peralatan makan dengan menggunakan stainless steel dishwasher

Cara Merawat Mesin Dishwasher Yang Harus Anda Ketahui

Apakah Anda memiliki mesin pencuci piring di rumah Anda? Tentu saja mesin pencuci piring ini dibeli untuk memudahkan Anda melakukan pekerjaan di dapur hingga bisa menghemat waktu Anda. Agar mesin dishwasher bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, ini dia cara perawatan yang bisa Anda lakukan.

Periksa Bagian Dalam Mesin Dishwasher

Adapun langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat atau pemeliharaan mesin pencuci piring yang satu ini yaitu dengan cara mengecek atau memeriksa bagian dalam mesin ini. Pastikan jika Anda memeriksanya setiap kali selesai menggunakannya. Anda bisa memeriksa pada bagian rak-rak pencucinya. Pastikan jika rak pencucinya bersih dan bebas dari kotoran yang lengket. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan spon dan juga sabun khusus.

Buka Tutup Mesinnya Sampai Proses Selesai

Hal yang tidak kalah penting yang harus Anda ketahui dan juga perhatikan adalah saat membuka tutup mesin pencuci piring ini. Anda haruslah sabar menunggu hingga proses mencuci piring selesai atau hingga mesin pencuci piring ini berhenti beroperasi lalu bisa membuka tutup mesinnya. Pastikan jika Anda menghindari membuka tutup mesin pencuci piring saat mesin sedang bekerja. Jika Anda lakukan, maka mesin bisa rusak dan tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Atur Posisi Peralatan Yang Dicuci

Adapun hal lainnya yang harus Anda perhatikan dan juga lakukan agar mesin pencuci piring Anda bisa terawat dan juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama adalah dengan cara mengatur posisi peralatan-peralatan yang akan Anda cuci. Jika Anda mencuci pisau atau benda-benda yang tajam lainnya, maka sebaiknya Anda meletakkannya dalam posisi mendatar, dengan posisi bagian yang tajam berada di atas atau berada di bawah. Hal ini dilakukan sehingga benda tajam seperti pisau yang Anda cuci di mesin dishwasher ini benar-benar bersih dan terlepas dari kotoran yang menempel. Apalagi jika dishwasher yang Anda gunakan merupakan stainless steel dishwasher, pastikan kotoran sudah benar-benar bersih agar tidak menimbulkan kontaminasi pada mesin.

Hindari Mencuci Peralatan Bekas Minyak

Agar mesin pencuci piring Anda tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka hal lainnya yang harus diperhatikan adalah mengenai bekas piring yang akan Anda cuci nantinya. Pastikan jika Anda menghindari mencuci piring dengan bekas yang mengandung minyak berlebihan atau berlemak, asam, dan juga beberapa piring yang merupakan bekas cat.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah untuk merawat mesin pencuci piring Anda. Pastikan jika Anda membersihkannya secara rutin dengan menggunakan spons dan juga sabun yang khusus. Hindari menggunakan lap yang terbuat dari silikon dan juga hindari mencuci peralatan-peralatan yang berkarat, sehingga mesin pencuci piring Anda bisa tetap awet atau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Rutin merawatnya juga akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli mesin yang baru.

Share this post

No comments

Add yours