Kursi Rotan Minimalis

Cara merawat kursi rotan minimalis

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian bagi setiap orang, terutama para keluarga muda yang baru saja membangun hidup berumah tangga. Untuk membuat rumah nyaman untuk ditinggali, orang akan mendesain interior rumah mereka sebaik mungkin. Bahkan tak jarang dari mereka mau mengeluarkan biaya lebih untuk merombak rumah mereka untuk mendapatkan penataan ruangan yang sempurna. Selain menata interior, kita perlu memperhatikan pemilihan perabot yang digunakan. Sesuaikan perabot yang dipilih dengan luas ruangan yang tersedia, fungsi perabot dan budget yang ada, supaya perabot yang dipilih menjadi tepat sasaran. Salah satu perabot yang dapat memenuhi ketiga unsur tersebut adalah model kursi rotan minimalis.

Kenapa kursi rotan? Karena kursi jenis ini selain mudah dibentuk sesuai kebutuhan interior, juga memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan, memiliki harga yang relatif murah dibanding perabotan kayu lain, serta dapat memberikan kesan klasik dan natural pada sudut ruangan anda. Tentunya tanpa perawatan yang benar, kursi rotan tidak akan awet dalam jangka waktu lama, oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cara membersihkan kursi rotan minimalis agar awet digunakan selama bertahun-tahun.

Seperti yang kita ketahui bahwa kursi rotan dibuat dengan dianyam sehingga akan memiliki celah atau rongga yang banyak. Celah-celah ini jika tidak dibersihkan dengan benar akan menjadi tempat persembunyian debu dan kotoran. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membersihkan dan merawat kursi rotan :

  • Gunakan penyedot debu

Langkah ini dapat anda gunakan untuk proses pembersihan mingguan (tanpa perlu mencuci). Gunakan ujung penyedot debu yang berbulu untuk menjangkau debu dan kotoran pada celah anyaman, jangan menekan permukaan anyaman terlalu keras karena hal ini dapat menggores atau melepas rangkaian anyaman

  • Gunakan sikat gigi bekas

Digunakan untuk menjangkau bagian-bagian sempit yang tidak dapat dijangkau oleh mesin. Anda bisa membasahi ujung-ujung bulu sikat gigi agar debu lebih mudah menempel pada sikat pada celah yang sangat sempit. Jika bulu-bulu sikat tidak cukup kuat untuk menyingkirkan kotoran yang menempel anda dapat menggunakan lidi, kawat atau alat runcing lainnya. Namun lakukan dengan hati-hati jangan sampai melukai anyaman rotan.

  • Rapikan dengan gunting

Semakin lama meja atau kursi rotan, biasanya akan semakin banyak serat-serat kayu yang terlepas secara alami sehingga perlu dirapikan. Jangan menarik atau mencabut serat-serat tersebut karena hal ini justru dapat semakin merusak mebel rotan anda. Cukup gunakan gunting untuk merapikan pangkal serat-serat yang lepas.

  • Gunakan lap basah

Hindari penyemprotan air yang berlebihan karena dapat membuat mebel rotan anda lapuk dan mudah rusak. Gunakan lap basah untuk mengelap permukaan kursi atau meja rotan anda.

  • Keringkan hingga benar-benar kering

Dapat dilakukan dengan menggunakan kipas, hairdryer, atau sinar matahari langsung. Namun perhatikan jangan sampai permukaan rotan terpapar suhu tinggi terlalu lama, karena jika berbahan sintetis akan membuat permukaan meleleh dan jika berbahan lama akan membuat warna rotan memudar.

Share this post

No comments

Add yours